Header Ads

Breaking News

Mindset Personal Positif

Top-motivator.com --- Mindset Personal Positif. Mindset adalah cara pikir terhadap sesuatu. Apakah anda melihat diri anda secara positif? Apakah anda melihat sesuatu dari pandang negatif?

Mindset adalah seperangkat sikap atau keyakinan yang kita pegang yang akan mempengaruhi persepsi kita dan bagaimana kita hidup di dunia. Mindset adalah keyakinan akan kemampuan diri sendiri yang mempengaruhi cara berpikir, merasa dan berperilaku.

Positif adalah cara berpikir yang memandang suatu hal dengan memperhatikan sisi baik. Positif adalah kebiasaan untuk memfokuskan perhatian pada unsur-unsur yang melegakan, membangun, dan meningkatkan relasi.

Negatif adalah kebiasaan untuk memperhatikan sisi buruk. Negatif adalah kecendrungan untuk fokus pada kekurangan, kelemahan, dan ketidakadaan.

pola-pikir-sukses-mindset-personal-positif-top-motivator-indonesia

Mindset Personal Positif - Contoh

Coba anda tuliskan tanda negatif? Hanya dibutuhkan satu kali goresan pena untuk menghasilkan tanda negatif, bukan? 

Sekarang, coba anda tuliskan tanda negatif? Dibutuhkan dua kali goresan pena untuk menghasilkan tanda positif, bukan?

Secara sederhana dapat dikatakan bahwa lebih mudah menjadi negatif daripada menjadi pribadi yang positif. Untuk menjadi negatif hanya dibutuhkan satu kali upaya. Sementara, untuk menjadi positif dibutuhkan dua kali upaya.

Mindset Personal Positif 

Mindset personal positif adalah pola pikir yang mengembangkan kebiasaan untuk melihat hal baik, kekuatan, dan keunggulan di dalam berbagai aspek kehidupan.

Saat sedang tidak baik-baik saja, orang yang positif masih berusaha untuk menekankan pada hal positif yang muncul di hadapannya. Pernahkah anda mendengar perkataan,".......untungnya, masih ....?

Kemampuan untuk mengembangkan mindset personal positif ada di tangan anda sendiri. Anda yang memutuskan apakah anda menjadi positif atau menjadi negatif.

Mindset Personal Positif

Eli Ink, seorang pria di Amerika Serikat, memutuskan untuk menato seluruh tubuhnya,bahkan mata juga ditato. Menjadi lebih baik atau menjadi lebih aneh? Tergantung pola pikir bukan? 

Karine Barry, seorang wanita berusia 50 tahun memutuskan untuk menato mulutnya di Haiti. Hasilnya? Wanita asal Australia ini justru terlihat seperti badut. Karena tidak puas dan menyesal, akhirnya Karine Barry mengambil keputusan untuk melakukan operasi penghilangan tato.

Nick Vujicic, terlahir tanpa tangan dan kaki yang sangat kecil. Pria  yang lahir di Melbourne Australia ini sempat merasa kasihan pada diri sendiri. Namun, dengan citra diri yang baik dan tujuan hidup yang jelas, Nick Vujicic mampu menginspirasi jutaan orang untuk bangkit mengatasi kesulitan hidup.

Praktek Mindset Personal Positif

Coba anda tuliskan semua hal baik tentang diri anda. Coba  anda tuliskan keunggulan, keistimewaan, dan kelebihan yang anda miliki. Daftarkan sebanyak-banyaknya dalam waktu 5 menit!

Sekarang silahkan anda menuliskan semua hal buruk tentang diri anda. Silahkan anda menuliskan kejelekan, kekurangan, dan kelemahan anda. Daftarkan sebanyak-banyaknya dalam waktu 5 menit!

Sudah? mari kita jujur satu sama lain. Apakah lebih mudah menuliskan hal positif atau hal negatif? Lebih banyak daftar hal positif atau hal yang negatif yang berhasil anda tuliskan?

Jika Anda mampu menuliskan hal positif lebih banyak daripada hal negatif, maka selamat, anda sudah memiliki mindset personal positif!

Namun, jika anda mampu menuliskan hal negatif lebih banyak dari hal positif, maka anda harus segera melakukan transformasi atau perubahan agar anda mampu mengembangkan mindset personal positif!

Kesimpulan Mindset Personal Positif

Mindset personal positif adalah kemampuan untuk memperhatikan sisi baik dari berbagai pengalaman hidup. Mindset personal negatif adalah keputusan untuk menekankan sisi buruk dari suatu hal atau pengalaman.

Nick Vujicic mampu melihat sisi positif dari dirinya sendiri. Dia tidak punya tangan dan kakinya hanya kecil sekali,tetapi dia memiliki tujuan yang jelas, citra diri yang positif dan cara memandang hidup dengan positif. Nick Vujicic memutuskan untuk mengoptimalkan apa yang masih ada, masih dimiliki, dan masih bisa dioptimalkan di dalam kehidupan.

Bagaimana dengan kita? Sudahkah kita mengembangkan mindset personal positif di dalam kehidupan ini? Sudahkah kita memutuskan untuk melihat sisi baik, kekuatan, keunggulan, dan keistimewaan?   Bertinus Sijabat --- Top Motivator Indonesia.

 

Tidak ada komentar