Header Ads

Breaking News

Analisis VUCA

 Top-Motivator.com --- Analisis VUCA  adalah  alat yang berharga untuk perencanaan dan manajemen. VUCA adalah singkatan dari Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity. Analisis VUCA digunakan untuk menggambarkan karakteristik utama dari lingkungan eksternal.

Analisis VUCA dan PESTLEC

Faktor VUCA adalah masalah nyata di era disrupsi. VUCA selalu menjadi bagian integral dari skenario perencanaan dan analisis PESTLE (Politik, Ekonomi, Sosial, Teknologi, Hukum dan Lingkungan) dari lingkungan eksternal dalam manajemen masalah.

Penambahan Faktor C atau iklim komunikasi dalam analisis PESTLE, sehingga menjadi PESTLEC. Bagian penting dari manajemen masalah adalah analisis faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi dan hubungan antar pemangku kepentingan

Bagaimanapun, perencana dan manajer selalu harus mengatasi ambiguitas dan ketidakpastian dalam pengambilan keputusan. Sehingga, para pengambil keputusan berkewajiban untuk mencoba memprediksi hasil dari tindakan yang diambil.

VUCA bukanlah langkah maju yang dramatis. VUCA adalah alat yang berharga untuk disertakan di dalam analisis SWOT, PESTLE, dan skenario perencanaan. 

Dengan cara ini, analisis VUCA untuk perencanaan dan manajemen masalah membutuhkan dimensi lebih lanjut yaitu pemantauan dan evaluasi lingkungan bisnis.

strategi leadership analisis vuca top motivator indonesia
analisis VUCA

Analisis VUCA Nathan Bennet dan Kim Harrison

Analisis VUCA dikembangkan Oleh Dr Nathan Bennett. Analisis VUCA merupakan cara strategis dengan pemahaman variabel VUCA, karakteristik, dan pendekatan yang ditempuh.

Kim Harrison, sebagaimana di lansir dari cuttingedgepr, menambahkan peran komunikasi untuk melakukan analisis secara lebih menyeluruh.

Dua pertanyaan kunci yang dapat dijawab oleh analisis VUCA adalah:

  • Berapa banyak yang Anda ketahui tentang situasinya?
  • Seberapa baik Anda dapat memprediksi hasil dari tindakan Anda?

Dr Nathan Bennett, seorang profesor bisnis dari Georgia State University, menjelaskan konsep VUCA di  Harvard Business School. Dr. Nathan Bennett menyatakan bahwa setiap faktor perlu dianalisis secara terpisah dari yang lain.

Perlu dicatat bahwa informasi yang sepenuhnya komprehensif jarang tersedia dalam situasi apa pun, dan oleh karena itu para manajer selalu berkewajiban untuk membuat keputusan berdasarkan informasi terbaik yang dapat dikumpulkan.

Analisis VUCA: Variabel VUCA

Pemahaman akan variabel VUCA yaitu Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity sangat penting. Hal ini akan meningkatkan manfaat dari analisis VUCA dalam perencanaan dan manajemen masalah.

Volatility

Volatilitas adalah terjadinya peningkatan laju perubahan, baik itu di pasar, industri atau di dunia pada umumnya. Jelas bahwa segala sesuatunya berubah terus-menerus dan bahkan cara segala sesuatunya berubah pun berubah. 

Volatilitas ini telah diperbesar oleh kemajuan teknologi dan globalisasi. Selain itu, semakin bergejolak dunia, semakin banyak hal berubah dan apa yang benar hari ini, mungkin tidak benar besok.

Karakteristik:  Perubahan yang relatif tidak stabil. Tantangannya tidak terduga dan mungkin durasinya tidak diketahui, tetapi tidak selalu sulit untuk dipahami; pengetahuan tentang hal itu sering tersedia.

Contoh bisnis: Harga berfluktuasi setelah bencana alam.

Pendekatan bisnis

Melakukan analisis risiko, membangun kapasitas cadangan dan mencurahkan sumber daya untuk kesiapsiagaan.  Salah satu langkah yang perlu ditempuh yaitu:  menimbun bahan baku atau membeli lebih banyak bahan baku. Langkah-langkah ini biasanya mahal,sehingga hanya akan ditempuh oleh manajemen dalam situasi yang memungkinkan.

Peran komunikasi

Siapkan strategi manajemen krisis. Fungsi komunikasi harus dilibatkan secara integral.

strategi memahami vuca analisis vuca top motivator indonesia
analisis VUCA
Uncertainty. 

Ketakpastian. Semakin banyak ketidakpastian, semakin sulit untuk diprediksi, semakin sulit untuk meramalkan apa yang akan terjadi dan kemungkinan kejutan akan meningkat.

Karakteristik : Kurangnya pengetahuan. Namun demikian, penyebab dan akibat dasar situasi diketahui.

Contoh bisnis: Peluncuran produk yang ditunda oleh pesaing dapat mengubah masa depan bisnis dan pasar.

Pendekatan bisnis: Meningkatkan kegiatan intelijen bisnis. Kumpulkan, tafsirkan, dan bagikan informasi yang relevan. Terlibat dalam kolaborasi lintas batas yang serius.

Peran komunikasi

Fungsi komunikasi organisasi adalah area logis untuk membangun sumber daya ini, terutama karena perannya mencakup batas kendali.

Complexity. 

Kompleksitas. Semakin banyak elemen dari suatu isu atau lingkungan, semakin sulit untuk menganalisis dan hingga sampai pada solusi rasional. 

Dalam situasi dan hal-hal yang kompleks, suatu tindakan dapat memiliki konsekuensi yang tidak sesuai dengan yang diprediksi.

Karakteristik: Variabel kompleksitas adalah yang paling mudah dipahami dari 4 faktor, tetapi manajer tidak dapat mengetahui apa yang tidak mereka ketahui, yang memperumit kompleksitas situasi.

Manajer mungkin mengetahui kemungkinan hasil tetapi bukan konsekuensi yang tidak diinginkan dari faktor kompleksitas. Misalnya, menulis kode komputer baru dapat membuka kompleksitas lebih lanjut dari risiko keamanan yang tidak terduga. 

Beberapa informasi tersedia atau dapat diprediksi, tetapi volume atau sifatnya bisa sangat banyak.

Contoh bisnis: Perusahaan beroperasi di banyak negara, yang masing-masing memiliki lingkungan peraturan, tarif, dan nilai budayanya sendiri.

Pendekatan bisnis

Restrukturisasi, bawa atau kembangkan spesialis, dan tingkatkan sumber daya yang memadai untuk mengatasi kompleksitas.

Peran komunikasi

Identifikasi pemangku kepentingan utama di setiap negara dan mulai program manajemen hubungan pemangku kepentingan yang sistematis. 

Sesuaikan pesan untuk setiap negara dan budayanya yang unik. Hubungan pemerintah sangat penting.

Ambiguity. 

Ambiguitas. Informasi mungkin tidak lengkap, bertentangan atau terlalu tidak akurat untuk menarik kesimpulan yang pasti. 

Di mana ada ambiguitas, Anda menghadapi hal yang tidak diketahui dengan kurangnya kejelasan, tidak ada jawaban sederhana dan berlapis-lapis untuk masalah dan situasi saat ini.

Karakteristik

Hubungan sebab akibat sama sekali tidak jelas. Tidak ada preseden; manajemen menghadapi situasi yang tidak diketahui.

Contoh bisnis: Perusahaan memutuskan untuk pindah ke pasar berkembang atau meluncurkan jenis produk baru yang berada di luar pengalaman sebelumnya.

Pendekatan bisnis

Perusahaan perlu bersiap untuk mengambil risiko, mungkin awalnya di pasar percobaan, untuk mengevaluasi hasil. Pelajaran yang dipetik dapat diterapkan secara progresif dari waktu ke waktu ke pasar lain.

Peran komunikasi

Komunikator dapat mendukung dengan mengumpulkan intelijen tentang lingkungan operasi termasuk parameter peraturan, dan dalam mempersiapkan manajemen masalah yang luas dan strategi komunikasi krisis sebelumnya.

strategi memahami vuca analisis vuca top motivator indonesia

Kesimpulan

AnalisisVUCA  adalah  alat yang berharga untuk perencanaan dan manajemen. VUCA adalah singkatan dari Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity. Analisis VUCA digunakan untuk menggambarkan karakteristik utama dari lingkungan eksternal.

Analisis VUCA dikembangkan Oleh Dr Nathan Bennett. Analisis VUCA merupakan cara strategis dengan pemahaman variabel VUCA, karakteristik, dan pendekatan yang ditempuh.  

Kim Harrison, sebagaimana di lansir dari cuttingedgepr, menambahkan peran komunikasi untuk melakukan analisis secara lebih menyeluruh.

Analisi VUCA ditempuh dengan pemahaman akan variabel Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity. 

Langkah berikutnya adalah dengan memperdalam pemahaman akan karakteristik, pendekatan, dan mengoptimalkan peran komunikasi faktor VUCA. Dengan cara ini, maka scenario perencanaan, manajemen masalah, dan langkah strategis dapat menciptakan hasil yang lebih baik. (Bertinus Sijabat --- Top Motivator Indonesia


Tidak ada komentar