Header Ads

Breaking News

Alasan Penetapan Tujuan Hidup

 

Alasan Penetapan Tujuan Hidup
Alasan Penetapan Tujuan Hidup

Top-motivator.com --- Alasan Penetapan Tujuan Hidup. Ketika kita masih kecil, pertanyaan “Apa cita-citamu, kamu akan menjadi apa nanti, dan siapa tokoh idolamu?” menjadi makanan sehari-hari. “Aku ingin menjadi presiden, pilot, dokter, dan guru,” mungkin jawaban dan cita-cita masa anak-anak yang paling umum. 



Namun, pernahkah pertanyaan yang sama disertai dengan panduan bagaimana cara mencapai tujuan itu? Kenyataannya, pertanyaan itu sekedar pertanyaan umum, biasa, dan tanpa tindak lanjut yang jelas. Para penanya tidak menanyakan perkembangannya, sementara yang menjawab juga merasa tidak bertanggung jawab untuk menunaikan cita-citanya.


Alasan Penetapan Tujuan Hidup

Kehidupan tanpa tujuan merupakan kehidupan tanpa resiko, tanpa permainan, dan tanpa gairah. Kehidupan dengan tujuan justru membuat kita mampu menghadapi resiko, menjadi pemain aktif di dalam hidup, dan memiliki gairah untuk meraih tujuan.
Alasan Penetapan Tujuan Hidup Goal Setting
Alasan Penetapan Tujuan Hidup Goal Setting
Top Motivator Dunia Zig Ziglar di dalam buku “See You At The Top” mengungkapkan ada 4 alasan mengapa penetapan tujuan hidup tidak dilakukan oleh kebanyakan orang. Bahkan, hanya 3% dari orang Amerika Serikat yang melakukan Penetapan tujuan hidup yang jelas.

Pertama,  Tidak pernah ditekankan pentingnya penetapan tujuan hidup. Mungkin keadaan ini terakit erat dengan masih kurang populernya penetapan tujuan hidup. Sehingga, banyak orang tidak menekankan urgensi penetapan tujuan hidup baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Kedua, tidak tahu cara penetapan tujuan. Penetapan tujuan hidup berbicara tentang kehidupan yang direncanakan, kehidupan ideal yang paling diinginkan, dan kehidupan yang penuh gairah. Dengan melakukan penetapan tujuan hidup maka seseorang harus mewujudkan secara  komitmen, konsistens, dan kontinyu. Tentu, meraih tujuan yang besar tidaklah semudah membalik telapak tangan.

Ketiga, Takut tidak mencapai tujuan yang ditetapkan. Banyak orang merasa takut, malu, dan merasa rendah diri saat tidak mampu meraih tujuan hidup. Sehingga, meski tahu cara penetapan tujuan hidup, tetapi memilih untuk tidak melakukannya. Situasi ini membuat banyak orang memilih untuk tidak memiliki tujuan hidup yang jelas. Padahal, tanpa penetapan tujuan hidup yang jelas, justru kehidupan menjadi tidak bertumbuh.
Alasan Penetapan Tujuan Hidup Goal Setting in Life
Alasan Penetapan Tujuan Hidup Goal Setting in Life

 

Keempat, Citra Diri yang Buruk. Banyak orang merasa tidak layak untuk mengimpikan kehidupan yang ideal, sehingga tidak berani melakukan penetapan tujuan hidup. Karena merasa tidak layak sukses, maka tidak mau repot dengan kehidupan dengan tujuan.   


Rekomendasi Alasan Penetapan Tujuan Hidup

Pertama, penetapan tujuan hidup sangat penting di dalam kehidupan ini. Oleh karena itu, keputusan untuk menetapkan tujuan hidup harus dilakukan secara sadar demi kehidupan yang lebih baik.

Kedua, Kembangkan kebiasaan mempelajari tujuan hidup anda. Apa yang paling anda inginkan, apa yang paling anda suka lakukan, apa yang anda paling kuasai, dan apa yang mau anda kerjakan tanpa dibayar sama sekali kemungkinan besar merupakan tujuan hidup anda.
Alasan Penetapan Tujuan Hidup Goal Setting in Life
Alasan Penetapan Tujuan Hidup Goal Setting in Life
Ketiga, kembangkan kebiasaan meraih tujuan setahap demi setahap. Tujuan besar harus dipecah-pecahkan menjadi tujuan kecil dan tujuan harian. Tujuan harus realistis, tidak terlalu tinggi sehingga tampak mustahil untuk dicapai dan tidak terlalu rendah sehingga kurang bergairah karena terlalu mudah untuk mencapainya.

Keempat, kembangkan citra diri yang baik. Anda layak mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Anda layak untuk memperjuangkan kehidupan yang lebih baik. Kegagalan memang wajar terjadi, tetapi bangkit dari kegagalan untuk meraih keberhasilan, tetaplah pilihan paling bijak.

Sahabat top motivator, sudahkah anda berani menempuh penetapan tujuan hidup? Ingatlah penetapan tujuan hidup sangat penting. Yakinlah, menjalani kehidupan dengan tujuan jauh lebih menggairahkan daripada menjalani kehidupan tanpa tujuan.

Tidak ada komentar