Header Ads

Breaking News

Memahami VUCA

Top-motivator.com ---- Memahami VUCA. Memahami VUCA adalah kemampuan untuk menggunakan VUCA di dalam pengembangan bisnis. Memahami VUCA adalah keputusan untuk mengoptimalkan VUCA dalam kehidupan sehari-hari.

Memahami VUCA berarti mengetahui apa pengertian VUCA.  Memahami VUCA berarti menerapkan pemahaman anda dalam rencana, keputusan, dan solusi strategis.

Mengetahui tapi tidak melakukan sama artinya tidak mengetahui. Memahami tanpa mengaplikasikan sama dengan tidak mendapat manfaat apa-apa dari pengetahuan VUCA.

Memahami VUCA: Pengertian VUCA

VUCA adalah akrostik dari Volatility, Uncertanity, Complexity, dan Ambiguity. VUCA menggambarkan situasi yang menantang untuk mengelola resiko, strategi,dan solusi yang sukses ditengah kesulitan dan krisis eksternal.

VUCA merupakan proses analisis merencanakan, mengelola resiko, memcahkan masalah dan membuat keputusan. Empat Faktor VUCA merupakan ketidakpastian, kerumitan, ketidakjelasan dan anomali.

strategi memahami vuca top motivator indonesia
Memahami VUCA

Memahami VUCA: Menerapkan VUCA

Menurut Nate Bennett and  G. James Lemoine, kemampuan menerapkan VUCA bergantung pada 2 sisi strategis. Pertama, seberapa baik Anda dapat memprediksi hasil tindakan Anda. Kedua, seberapa banyak Anda tahu tentang situasi tersebut.

Dengan asumsi bahwa anda mampu memprediksi hasil tindakan dan mengetahui secara optimal tentang situasi yang anda hadapi maka anda memiliki  panduan untuk membantu mengidentifikasi, mempersiapkan, dan menanggapi situasi yang menantang yang harus dihadapi.

#1.Volatility. Volatilitas mengacu pada kecepatan perubahan dalam industri, pasar atau dunia pada umumnya. 

Hal ini terkait dengan fluktuasi permintaan, turbulensi dan waktu singkat ke pasar dan didokumentasikan dengan baik dalam literatur tentang dinamisme industri. Semakin bergejolak dunia, semakin cepat banyak hal berubah.

Karakteristik: Tantangannya tidak terduga atau tidak stabil dan mungkin durasinya tidak diketahui, tetapi tidak selalu sulit untuk dipahami. Anda dapat mengoptimalkan pengetahuan yang tersedia untuk menghadapi volatility.

Contoh: Harga berfluktuasi pasca perubahan kepemimpinan.

Pendekatan: Mengambil keputusan strategis untuk memastikan kualitas produk, packaging yang lebih baik, atau menciptakan merek baru dengan harga premium. Pastikan bahwa anda sudah memperhitungkan semua rencana yang akan diambil dengan analisis yang matang.

Tentu, semua keputusan bisnis mengandung resiko. Sehingga dengan mempergunakan sumber daya yang tersedia diharapkan keputusan strategis yang diambil sudah tepat.

Uncertainty. Ketidakpastian. Ketidakpastian mengacu pada sejauh mana kita yakin dapat memprediksi masa depan. 

Bagian dari ketidakpastian dirasakan dan dikaitkan dengan ketidakmampuan orang untuk memahami apa yang sedang terjadi. 

Karakteristik: Meskipun kurangnya informasi lain, sebab dan akibat dasar peristiwa tersebut diketahui. Perubahan adalah mungkin tetapi tidak harus diperjuangkan.

Contoh: Peluncuran produk pesaing yang tertunda memperkeruh masa depan bisnis dan pasar.

Pendekatan: Berinvestasi dalam mengumpulkan informasi, menafsirkan, dan membagikannya. 

Pendekatan ini bekerja paling baik dalam hubungannya dengan perubahan struktural. seperti menambahkan jaringan analisis informasi, yang dapat mengurangi ketidakpastian yang sedang berlangsung.

Complexity. Kompleksitas. Kompleksitas mengacu pada jumlah faktor yang perlu diperhitungkan, keragaman dan hubungan di antara faktor terkait. 

Semakin banyak faktor, semakin besar keragamannya dan semakin saling berhubungan, semakin kompleks suatu lingkungan.

Karakteristik: Situasi memiliki banyak bagian dan variabel yang saling terkait. Beberapa informasi tersedia atau dapat diprediksi, tetapi volume atau sifatnya dapat sangat banyak untuk diproses.

Contoh: Anda melakukan bisnis di banyak negara. Semua dengan lingkungan peraturan, tarif, dan nilai budaya yang unik.

Pendekatan: Restrukturisasi, bawa atau kembangkan spesialis, dan bangun sumber daya yang memadai untuk mengatasi kompleksitas.

strategi kepemimpinan memahami vuca
Memahami VUCA

Ambiguity. Ambiguitas. Ambiguitas mengacu pada kurangnya kejelasan tentang bagaimana menafsirkan sesuatu. 

Situasi mengacu pada ketidakjelasan dan ketidakjelasan dalam ide dan terminologi. Semakin ambigu dunia, semakin sulit untuk ditafsirkan.

Karakteristik: Hubungan sebab akibat sama sekali tidak jelas. Tidak ada preseden; Anda menghadapi "tidak diketahui tidak diketahui."

Contoh: Anda memutuskan untuk pindah ke pasar yang belum matang atau pasar berkembang atau meluncurkan produk di luar kompetensi inti Anda.

Pendekatan: Eksperimen. Memahami sebab dan akibat membutuhkan menghasilkan hipotesis dan mengujinya. 

Rancang eksperimen Anda sehingga pelajaran yang diperoleh dapat diterapkan secara luas.

Kesimpulan Memahami VUCA

Memahami VUCA adalah kemampuan untuk menggunakan VUCA di dalam pengembangan bisnis. Memahami VUCA adalah keputusan untuk mengoptimalkan VUCA dalam kehidupan sehari-hari.

Kemampuan menerapkan VUCA bergantung pada 2 sisi strategis. Pertama, seberapa baik Anda dapat memprediksi hasil tindakan Anda. Kedua, seberapa banyak Anda tahu tentang situasi tersebut.

Menerapkan VUCA berarti menggunakan, mengaplikasikan, dan mengoptimalkan VUCA: Volatility, Uncertanity, Complexity, dan Ambiguity dalam praktek. (Bertinus Sijabat- Founder Top MotivatorIndonesia)


Tidak ada komentar