Header Ads

Breaking News

Menghancurkan Kebiasaan Menunda-nunda

prokrastinasi-cara-menghancurkan-kebiasaan-menunda-nunda-tnt

 
Top-motivator.com --- Menghancurkan Kebiasaan Menunda-nunda. Apakah anda suka menunda-nunda untuk melakukan tugas, pekerjaan, atau merealisasikan rencana anda?

Pernahkan anda mendengar pepatah, "Jangan menunggu hingga esok, apa yang dapat anda lakukan hari ini?" Anjuran ini merupakan nasehat yang baik yang mengarahkan kita untuk segera merealisasikan rencana, tugas, dan pekerjaan pada saat ini dan pada hari ini.
 
Namun, pepatah di atas adalah antonim bagi orang yang memiliki kebiasaan  menunda-nunda. Orang yang suka menunda-nunda untuk melakukan sesuatu justru berkata sebaliknya,"Jangan mengerjakan hari ini, apa  yang bisa dilakukan besok."

Pengertian Menghancurkan Kebiasaan Menunda-Nunda

 
Kebiasaan menunda-nunda disebut juga dengan prokrastinasi. Kata prokrastinasi berasal dari kata latin, yaitu 'pro' yang artinya 'maju' , 'lebih menyukai' atau 'ke depan', dan 'crastinus' yang artinya 'besok'. 
 
Prokrastinasi adalah kebiasaan suka menunda-nunda untuk melakukan sesuatu hingga besok. Prokrastinasi adalah kebiasaan menunda-nunda untuk melakukan persiapan hingga batas waktu mau habis atau bahkan telah habis. 

Kebiasaan menunda-nunda memberikan kontribusi negatif. Mengapa? Karena kebiasaan menunda-nunda akan membuat kita kehilangan momentum, kesempatan, dan kemungkinan untuk mengerjakan sesuatu dengan cara yang optimal. 
 

Menghancurkan kebiasaan Menunda-nunda


Hari ini adalah waktu yang kita miliki secara nyata. Saat ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan dengan cara yang lebih baik.

Apa yang kita kerjakan hari ini akan memberikan kontribusi nyata bagi kehidupan kita baik untuk hari ini maupun besok. Apa yang kita realisasikan saat ini menunjukkan bahwa kita mengoptimalkan potensi, bakat, dan kemampuan yang kita miliki.

Besok adalah waktu yang akan datang. Besok tidak tidak akan berakhir. Selama masih ada kehidupan, maka selama itu pula akan masih ada besok! 

Besok itu adalah hari yang belum tentu kita alami. Besok itu adalah waktu yang belum dapat kita kendalikan. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Besok itu di luar kendali kita!

Cara Menghancurkan Kebiasaan Menunda-nunda


Denis Waitley, penulis buku The Psychology of Winning menyebutkan cara menghancurkan kebiasaan menunda-nunda dengan istilah yang menarik. Denis Waitley menyatakan cara menghancurkan kebiasaan menunda-nunda adalah dengan menggunakan bom TNT.

Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana mungkin menghancurkan kebiasaan menunda-nunda dengan bom TNT? Jawaban atas pertanyaan itu adalah bisa! Karena pengertian bom TNT menurut Denis Waitley berbeda dengan pemahaman TNT atau trinitrotoluene. 
 
TNT atau  trinitrotoluene adalah senyawa nitrogen organik padat berwarna kuning pucat yang terutama digunakan sebagai bahan peledak. Sementara, TNT dalam pengertian Denis Waitley adalah akrostik dari Today Not Tomorrow!
 

Menghancurkan Kebiasaan Menunda-nunda dengan TNT

Ya, cara menghancurkan kebiasaan menunda-nunda adalah dengan meledakkan bom TNT yaitu Today Not Tomorrow dalam setiap aksi, tugas, dan rencana anda.
 
Kerjakan hari ini apa yang menjadi tugas hari ini. Lakukan saat ini apa yang seharusnya dikerjakan saat ini. Realisasikan hari ini apa yang menjadi rencana kerja hari ini.
 
Hari ini adalah saat terbaik untuk  menggunakan kesempatan terbaik. Hari ini adalah saat yang tepat untuk mengerjakan apa yang telah anda janjikan untuk ditepati. Hari ini adalah hari yang indah untuk mewujudkan tujuan anda.
  

Manfaat Menghancurkan Kebiasaan Menunda-nunda

 
Kita akan memiliki momentum untuk melakukan lebih cepat, sehingga bila ada perbaikan, kita jugamasih memiliki banyak waktu untuk melakukannya.
 
Kita memiliki kesempatan untuk merealisasikan tujuan hidup dengan cara yang lebih baik. Karena hari ini kita masih kuat, mampu, dan bersemangat. Hari ini kita masih sehat, muda, dan enerjik!
 
Kita memiliki kemungkinan untuk berhasil dengan cara yang lebih baik. Karena kita terlebih dahulu mengerjakannya dari yang lain. Karena kita mampu mengerjakan lebih banyak dan lebih optimal dari orang lain. 

 

Aksi Menghancurkan Kebiasaan Menunda-nunda

 
Bagaimana dengan potensi, bakat, dan keterampilan hidup anda? Sudahkah  anda mengerjakan hari ini apa yang menjadi tugas anda hari ini? Sudahkah anda mengembangkan bakat anda hari ini? Sudahkah anda meningkatkan keterampilan hidup anda hari ini?
 
Hanya dengan mengerjakan, menuntaskan dan menyelesaikan tugas kita hari ini, maka kita sudah meledakkan potensi terbaik kita. Hanya dengan memulai, mengikuti proses, dan melakukan dengan baik, maka kita sudah meledakkan bakat terbaik kita. Hanya dengan mewujudkan, merealisasikan, dan menyatakan tujuan hidup kita secara nyata,maka kita sudah meledakkan tujuan hidup terbaik kita.

Jadi, raihlah momentum hari ini dengan mengerjakan Today Not Tomorrow. Lakukan hari ini apa yang bisa lakukan hari ini. Today Not Tomorrow. Hari ini bukan besok!
 
Kesimpulan

Ya. Today Not Tomorrow adalah bom yang berdaya ledak luar biasa sukses dalam hidup kita.

Lakukan hari ini apa yang anda yakini. Lakukan saat ini apa yang anda impikan. Lakukan sekarang ini apa yang menjadi tujuan kita.

Denis Waitley adalah salah satu penganjur bom TNT  yang penuh dengan keyakinan, melalui aksi kata dan tindakan nyata  dalam hidupnya. Dan beliau sukses dengan ledakan bom TNT.
 
Apa yang dapat kita lakukan hari ini? Lakukan! Apa yang harus kita ubah menjadi lebih baik? Lakukan! Kebenaran apa yang harus kita terapkan dalam keseharian kita hari ini? Lakukan! (Bertinus Sijabat --- Top Motivator Indonesia)

Jangan Tunggu Hari Esok
Apa yang Dapat Kita Lakukan Hari Ini.


Tidak ada komentar