Header Ads

Breaking News

Kuasa Pengambilan Keputusan

Top-motivator.com.--- Kuasa Pengambilan Keputusan. Apakah anda menjalani hidup berdasarkan keputusan orang lain? Sudahkah anda berani menjalani kehidupan dengan keputusan sendiri?

Pengertian Kuasa pengambilan keputusan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kuasa adalah kemampuan atau kesanggupan untuk berbuat sesuatu. Kekuatan. Wewenang atas sesuatu atau untuk menentukan. Pengaruh yang ada pada seseorang karena jabatannya (martabatnya).

Kuasa pengambilan keputusan adalah kesanggupan, kekuatan, dan kemampuan untuk mengambil keputusan karena menerima martabat sebagai seorang yang menentukan.

Kuasa Pengambilan Keputusan Pribadi

Pengambilan keputusan yang baik itu bersifat pribadi. Atas kemauan, kesanggupan, dan kekuatan untuk mengambil keputusan.

Keputusan pribadi berarti kita memutuskan sendiri suatu pilihan tertentu dengan pertimbangan, pengertian, dan pemahaman yang menyeluruh. Keputusan pribadi merupakan wujud kemandirian seseorang dalam menentukan pilihan.

Baca juga: Tahapan Pengambilan Keputusan

Sebagian orang tidak mampu mengambil keputusan pribadi, sehingga hidup dengan keputusan yang diambil oleh orang lain. Sebagian lainnya, mampu menikmati kehidupan yang lebih baik karena kemampuan dalam mengambil keputusan secara pribadi.

Kuasa Pengambilan Keputusan bayar harga

Ada harga yang harus dibayar untuk setiap keputusan. Entahkah seseorang memilih untuk hidup berdasarkan keputusan orang lain. Atau hidup dengan keputusan pribadi, maka ada harga yang harus dibayar!

Hidup dengan keputusan orang lain biasanya menuntut harga yang lebih mahal. Mengapa? Karena kita hidup dengan pertimbangan, pengertian, dan  pemahaman orang lain.

Sebaliknya, hidup dengan keputusan pribadi akan menuntut harga yang setara. Ketika kita mengambil keputusan yang besar, maka harga yang harus dibayar juga akan besar. Jika kita mengambil keputusan yang kecil harga yang dibayar juga akan kecil.

Kuasa Pengambilan Keputusan Top Motivator Indonesia
Kuasa Pengambilan Keputusan 

Kuasa Pengambilan Keputusan Berdampak.

Hidup dengan keputusan orang lain atau hidup dengan keputusan pribadi tentu akan sama-sama memberikan dampak. Hanya saja, dampak yang lebih besar tentu akan lahir dengan keputusan pribadi.

Hidup dengan keputusan orang lain merupakan sebuah upaya untuk menjalani hidup sesuai dengan ekspektasi orang lain. Hidup dengan keputusan pribadi menuntut upaya yang lebih besar  namun sesuai.

Baca juga artikel: Prinsip Pengambilan Keputusan

Apakah kita menjalani hidup dengan mengikuti keputusan orang lain atau hidup dengan keputusan sendiri akan memberi pengaruh yang berbeda. 

Dengan hidup berdasarkan keputusan orang lain, mungkin kita akan merasakan beban, pergumulan, dan situasi hidup yang lebih berat. Sebaliknya, seberat apapun keadaannya jika hal itu merupakan keputusan pribadi, maka kita akan lebih mampu dalam menangani prosesnya.

Kesimpulan Kuasa Pengambilan Keputusan

Kuasa pengambilan keputusan yang tepat itu berdasarkan keputusan pribadi, berani bayar harga dan berdampak. Kebiasaan hidup dengan mengikuti keputusan orang lain berarti kita memutuskan untuk menjalani proses yang telah ditentukan orang lain.

Apakah anda menikmati kehidupan dengan mengikuti keputusan orang lain? Adakah anda menjalani kehidupan dengan kuasa pengambilan keputusan pribadi? (Bertinus Sijabat --- Top Motivator Indonesia)

Tidak ada komentar