Header Ads

Breaking News

Strategi Memperoleh Mentor

 

Top-motivator-indonesia-strategi-memperoleh-mentor

Top-motivator.com ---Strategi memperoleh mentor. Kolaborasi, sinergi dan ko-kreasi adalah kebutuhan mutlak di era disrupsi. Tidak ada satu orang pun yang dapat sukses dengan kemampuan diri sendiri. Kondisi ini memunculkan kesadaran bahwa kemampuan menjalin kerjasama dan bekerja sama dapat menjadi salah satu kunci gaya hidup sukses.

Pengertian Strategi Memperoleh Mentor

Strategi berasal dari bahasa Yunani yaitu strategia yang artinya seni atau ilmu untuk menjadi seorang jendral. Strategi adalah suatu rencana untuk pembagian dan penggunaan kekuatan militer pada daerah-daerah tertentu untuk mencapai tujuan tertentu.

Mentor adalah penasihat yang berpengalaman dan terpercaya.  Dilansir dari Britannica, mentor adalah seseorang yang mengajar atau memberikan bantuan dan nasihat kepada orang yang kurang berpengalaman dan sering kali lebih muda. 

Dilansir dari Oxford Learners Dictionaries, mentor adalah orang yang berpengalaman yang menasihati dan membantu seseorang dengan pengalaman yang lebih sedikit selama periode waktu tertentu.

Mentor adalah orang yang mengajar, memberi nasihat, dan membantu orang dengan pengalaman lebih sedikit karena lebih berpengalaman. Mentor mengajar dalam periode tertentu sesuai kesepakatan.

Strategi memperoleh mentor adalah  seni untuk mendapatkan bantuan, nasihat, dan pengajaran dari orang yang lebih berpengalaman. Strategi memperoleh mentor adalah ilmu untuk mendapatkan nasehat dari orang yang lebih berpengalaman pada periode waktu tertentu.

Strategi Memperoleh Mentor _Mengapa Urgen?

Kita membutuhkan keahlian tertentu yang dimiliki oleh mentor. Keahlian ini mungkin keahlian mengelola perusahaan, menjual produk, menciptakan produk atau memulai bisnis baru.

Kita membutuhkan nasehat untuk memahami tentang cara mengoptimalkan diri. Dengan pengalaman yang lebih banyak, tentu mentor dapat memberikan nasehat yang berharga bagi kita.

Kita membutuhkan masukan atas apa yang sebaiknya kita perbaiki, tingkatkan dan kembangkan. Masukan ini tentu akan lebih menarik karena disampaikan oleh orang yang lebih berpengalaman.

Kita membutuhkan bantuan pada periode waktu tertentu. Proses ini akan memampukan kita untuk bertahan pada masa sulit di awal-awal bisnis.

Strategi Memperoleh Mentor

Strategi memperoleh mentor adalah  seni untuk mendapatkan bantuan, nasihat, dan pengajaran dari orang yang lebih berpengalaman. Strataegi memperoleh mentor adalah ilmu untuk mendapatkan nasehat dari orang yang lebih berpengalaman pada periode waktu tertentu.

Steven KScott penulis buku The Richest Man Who EverLived: King Solomons, membeberkan strategi memperoleh mentor.

  • Tentukan Tujuan atau Bidang spesisifk yang anda butuhkan. Kita harus mengetahui tujuan utama sehingga kita membutuhkan mentor. Nasehat, bantuan, dan keterampilan apakah yang paling kita butuhkan dari sang mentor?

  • Ciptakan Daftar Mentor Untuk Setiap Bidang. Kita harus mulai membuat calon daftar mentor yang nasehat, keahlian, dan bantuannya kita butuhkan.

  • Mulailah dengan skala prioritas. Dari semua calon mentor yang telah terdaftar, dari siapakah kita paling membutuhkan bantuan?

  • Tuliskan semua hal  tentang mentor. Tuliskan dari mana info mentor diperoleh, hal apa yang paling menarik, dan nasehat apa yang paling dibutuhkan.

  • Hubungi calon mentor. Berikan perkenalan diri yang baik, sampaikan kesan anda dan nyatakan tujuan anda sehingga membutuhkan sang mentor.

  • Buat Pertemuan Pribadi. Apresiasi dan penghargaan atas kesediaan menjadi mentor harus ditindaklanjuti dengan  mengadakan pertemuan secara langsung. Minta sang mentor untuk memastikan ketersediaan waktu dan tempat sehingga anda bisa menjalin interaksi secara langsung.

  • Tindaklanjut. Tindaklanjuti hasil pertemuan sesuai kesepakatan. Berikan kesempatan bagi sang mentor untuk menasehati, membantu, dan mengajar anda tentang hal spesifik sebagaimana yang anda butuhkan.  

Kesimpulan Strategi Memperoleh Mentor

Setiap orang tidak bisa sukses sendirian. Setiap orang membutuhkan nasehat, bantuan dan dukungan mentor yang lebih berpengalaman untuk meraih keberhasilan yang lebih baik.

Kemampuan untuk memahami nasehat, bantuan, dan pengalaman yang paling kita butuhkan merupakan hal yang penting sebelum mengembangkan strategi memperoleh mentor.

Bagaimana menurut anda? Apakah anda membutuhkan mentor yang berpengalaman dengan nasehat, bantuan, dan keahlian yang lebih baik daripada anda?  (Bertinus Sijabat – Top Motivator Indonesia)

 



Tidak ada komentar