Header Ads

Breaking News

Cara Memaknai Kegagalan

Top-motivator.com --- Cara Memaknai Kegagalan. Bagaimana cara memaknai kegagalan di dalam hidup ini? Apakah kegagalan berarti tidak ada peluang lagi untuk meraih yang lebih baik?

Cara Memaknai Kegagalan

Apakah anda tidak pernah gagal? Apakah anda selalu sukses di setiap aspek di dalam kehidupan anda? Cara adalah jalan, aturan, atau sistem untuk  melakukan (berbuat dan sebagainya) sesuatu. Memaknai kegagalan berarti memberi arti pada kegagalan, kekalahan, dan kesalahan. 

Cara memaknai kegagalan adalah  aturan untuk mengartikan kegagalan dengan persfpektif yang benar. Lalu bagaimanakah cara memaknai kegagalan di dalam kehidupan?

Terdapat 3 cara memaknai kegagalan di dalam hidup ini, yaitu: kegagalan adalah peristiwa, kegagalan adalah proses, dan kegagalan adalah batu loncatan.

Cara Memaknai Kegagalan: Kegagalan adalah perisiwa

Peristiwa adalah kejadian adalah kenyataan yang bersifat absolut atau mutlak dan objektif. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, peristiwa adalah kejadian (hal, perkara, dan sebagainya); kejadian yang luar biasa (menarik perhatian dan sebagainya); yang benar-benar terjadi: (2) pada suatu kejadian (kerap kali dipakai untuk memulai cerita) 

Kegagalan adalah peristiwa berarti kegagalan adalah sebuah kejadian, kenyataan, dan suatu hal yang benar-benar terjadi. Kejadian kegagalan itu sudah terjadi. Kenyataan kegagalan itu sudah berlalu. Hal itu sudah berlalu.

Kegagalan adalah peristiwa berarti kita memaknai hal itu sudah terjadi di masa lalu. Dan, sebagaimana kita paham, tidak ada satu orang pun yang dapat mengubah masa lalu. Masa lalu adalah hal yang sudah di luar jangkauan kita!

Nick Vujicic sempat merasa tidak memiliki tujuan hidup saat berusia 10 tahun. Nick Vujicic sempat larut dengan pertanyaan mengapa ia berbeda dengan orang lain. Nick Vujicic terlahir dengan kelainan tetraamelia resesif autosomal yaitu tanpa anggota badan kecuali kaki.

Namun, gairah hidupnya kembali menjulang dengan mengingat orang tua yang menunjukkan cinta kasih yang tulus. Dampaknya, Nick memutuskan untuk mempelajari skill untuk menulis, mengetik dan melakukan berbagai aktivitas dengan kakinya.

top-motivator-indonesia-cara-memaknai-kegagalan-hidup

Cara Memaknai Kegagalan: Kegagalan adalah proses

Proses adalah peristiwa yang terjadi secara alami atau di disain, mungkin menggunakan waktu, ruang keahlian atau sumber daya lainya, yang menghasilkan hasil.

Proses adalah cara, metode dan teknik untuk mengoptimalkan sumber-sumber tenaga kerja, mesin, bahan, dan dana untuk memperoleh suatu hasil.

Kegagalan adalah suatu bagian alami dari kehidupan. Kegagalan bukanlah hasil akhir dari kehidupan melainkan prosedur yang harus dilewati untuk mendewasakan.

Orang tidak pernah gagal kemungkinan besar adalah orang yang tidak pernah mencoba untuk melakukan apapun. Tetapi, kalau anda mau menjadi pribadi dengan mindset sukses, maka anda harus melewati proses kegagalan.

Abraham Lincoln dikenal sebagai orang yang berulang kali mengalami kegagalan. Tetapi, kemudian sukses menjadi salah satu Presiden Amerika Serikat yang paling berpengaruh.

Bill Gates dan Paul Allen pernah mengalami kegagalan. Mesin pemroses data bernama Traf O Data tidak berhasil sehingga menimbulkan kerugian finansial. Tetapi, Bill Gates terus berjuang hingga menjadi sukses dengan Microsoft.

Steve Jobs pernah mengalami kegagalan di dalam Project Lisa dan Project Macintosh. Kegagalan penjualan di pasar mengakibatkan Steve Jobs harus dipecat dari Apple perusahaan yang didirikannya sendiri.

Sir James Dyson adalah pencipta brand vacuum cleaner The Dyson yang terkenal awet pemakaiannya. Namun sebelumnya, James Dyson mengalami 5.000 kali gagal membuat vacuum cleaner yang bagus.

Cara Memaknai Kegagalan: Kegagalan adalah Batu Loncatan

Apakah anda tahu tradisi lompat batu di Nias? Para pemuda yang mampu melompati batu yang berketinggian 2 meter dianggap sudah dewasa secara fisik. Bila belum? Berarti masih dianggap belum dewasa. 

Kegagalan adalah batu lompatan untuk keberhasilan. Bila kita belajar dari kegagalan, mengapa kita gagal, dan apa yang diajarkan oleh kegagalan itu, maka niscaya kita akan mampu melompat lebih tinggi lagi.

Pasca dipecat dari Apple,Steve Jobs justru mendirikan Next Inc dan  Pixar Animation yang sukses luar biasa. Kesuksesan Pixar Animation akhirnya membawa Steve Jobs kembali ke Apple.

Jack Ma harus mengalami berbagai pengalaman gagal di dalam kehidupannya. Pengalaman ditolak dan gagal membuat Jack Ma memutuskan untuk mendirikan Alibaba. 

Kesimpulan Cara Memaknai Kegagalan

Cara memaknai kegagalan adalah sistem pendekatan terbaik dalam memberikan arti pada kegagalan. Cara memaknai kegagalan adalah dengan memandang kegagalan adalah peristiwa, kegagalan adalah proses, dan kegagalan adalah batu lompatan.

Gagal itu biasa. Tetapi, memutuskan untuk bangkit mengatasi kegagalan adalah hal yang luar biasa. Dengan pola pikir yang benar, maka kegagalan adalah sebuah hal yang terjadi untuk mendewasakan karakter kita.

Anda bisa mengalami transformasi dengan mengikuti training motivasi kerja sehingga anda dapat memaknai kegagalan dengan benar! Pelatihan achievement motivation training juga dapat mebantu anda menuju puncak sukses dengan pola pikir pemenang. Salam. Bertinus Sijabat--- Top Motivator Indonesia.

 


Tidak ada komentar